Buaya suka juga makan buah

Buaya dikenal sebagai hewan karnivora, yakni kelompok hewan pemakan daging. Mereka biasa memangsa daging apa saja, mulai dari daging ikan, yang sama-sama penghuni air, sampai daging rusa, yang kadang harus dimangsa ketika mereka berada di pinggir wilayah perairan.

Namun, dalam sebuah laporan di Journal of Zoology edisi Juli, sekelompok peneliti dari Wildlife Conservation Society, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa hewan buas ini terkadang mengkonsumsi buah juga. Pernyataan ini terungkap setelah para peneliti menganalisis feses buaya. Mereka menemukan ada biji buah yang turut keluar bersama feses hewan ini.

Buaya Suka Makan Buah-buahan?
“Selama ini kita berpikir bahwa buaya hanya mengkonsumsi daging. Namun rupanya, mengkonsumsi buah menjadi hal yang biasa,” ujar peneliti Steven Platt kepada Live Science, Selasa, 27 Agustus 2013.

Tidak hanya melalui feses, biji buah juga ditemukan pada muntahan sang buaya. Rupanya, lewat feses dan muntahan, peneliti menduga buaya turut membantu menyebarkan benih-benih buah di hutan.

Para ilmuwan meneliti 18 spesies buaya, mulai dari buaya Amerika hingga buaya Nil. Hasilnya, sebanyak 13 spesies buaya terbukti telah melahap berbagai jenis buah, termasuk kacang-kacangan dan biji-bijian.

Meskipun ada beberapa buaya yang memakan buah ini tanpa sengaja, misalnya jika buah tersebut berada dalam perut mangsa mereka, nyatanya ada pula buaya yang dengan sengaja mengkonsumsi buah. Bahkan, dalam jumlah besar.

Hingga saat ini, peneliti masih mendalami alasan buaya memilih “camilan” buah-buahan ini. Pasalnya, buaya tidak bisa mencerna gula dan nutrisi nabati lainnya.


hamster, guppy, freelance, indonesia, jual hamster, jual guppy, jual hewan, jual tikus, jual kandang,
-visit us: @Mr_ikky and Friends-
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar