Kubu Raya, InfoPublik - Kepala Bidang Peningkatan Kapasitas Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Kubu Raya Golda M Purba menilai, kondisi habitat buaya di Kubu Raya masih dalam kategori belum terganggu.
Beberapa waktu lalu, menurutnya, saat dirinya berkunjung  di daerah Seruat I dan II Kecamatan Teluk Pakedai, habitat buaya kondisinya masih cukup bagus. Meski demikian, dikatakannya bahwa buaya kadangkala habitat hidupnya terdesak akibat dari pembangunan dan seiring pertambahan jumlah penduduk.
"Manusia terus bertambah sehingga sedikit banyak dapat mengganggu habitat hidup buaya. Bahkan nelayan yang sedang mencari ikan pun, kadangkala diserang oleh kawanan buaya," ujarnya.
Ia mengatakan untuk mengetahui secara tepat mengenai seperti apa kondisi habitat hidup buaya di Kubu Raya, apakah masih cukup baik atau tidak, perlu dilakukan penelitian secara terus menerus untuk memastikan seperti apa habitat buaya sebenarnya.
"Bisa saja jika ada beberapa binatang buaya yang kemudian berkeliaran hingga ke daerah pemukiman masyarakat karena habitatnya digunakan untuk aktivitas perusahaan atau akitivitas masyarat, seperti membuat tambak udang. Namun kita tidak bisa men-judge begitu saja tanpa adanya penelitian secara berkelanjutan," ujarnya.